Jumat, 12 September 2008

STUDI PEMANFAATAN EDUKASINET DI SEKOLAH
oleh:
Koesnandar, Uwes A Chaeruman, dan Ika Kurniawati

Abstrak

Internet mempunyai potensi yang besar dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar, media, maupun pendukung pengelolaan proses belajar mengajar. Berdasarkan asumsi tersebut, Pustekkom telah mengembangkan sebuah portal bahan belajar yang diberi nama EdukasiNet. Portal ini berisi bahan belajar, forum diskusi komunitas pendidikan, serta web sekolah.
Guna mengoptimalkan pemanfaatan EduksiNet, telah dilakukan penelitian pengembangan terhadap sekolah-sekolah rintisan pada 18 sekolah di 16 lokasi kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada sekolah-sekolah rintisan tersebut, telah diberikan pelatihan orientasi pemanfaatan EdukasiNet. Pelatihan orientasi diberikan kepada kepala sekolah, guru-guru serta tenaga lab komputer. Tujuan orientasi adalah agar mereka dapat memanfaatkan portal edukasiNet baik sebagai sumber belajar, forum diskusi, ataupun web sekolah. Beberapa bulan setelah orientasi, dilakukan studi pemanfaatan EdukasiNet di sekolah-sekolah tersebut. Studi dilaksanakan dalam rangka menjawab pertanyaan, antara lain: 1. Bagaimana guru/siswa telah memanfaatkan EdukasiNet dalam pembelajaran? 2. Bagaimana pola pemanfaatan EdukasiNet tersebut? dan 3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan EdukasiNet?
Responden terdiri dari 18 orang kepala sekolah, 190 orang guru, serta 136 siswa. Hasil analisis data menunjukkan guru maupun siswa belum optimal memanfaatkan EdukasiNet. Hanya 62% guru dan 45% siswa yang memanfaatkan EdukasiNet. Sedangkan frekuensi pemanfaatan dalam satu bulan ± 99% responden menjawab < 5 kali. Pola pemanfaatan EdukasiNet menggunakan strategi yang terpisah, dan ada juga yang terintegrasi. Penerapan strategi terintegrasi antara lain melalui penugasan sebesar 50%, presentasi dan diskusi 17%, dan pada saat kegiatan praktikum di laboratorium komputer sebesar 33%. Ditemukan pula beberapa kendala dalam pemanfaatan EdukasiNet antara lain fasilitas yang kurang memadai, kesulitan dalam pengaturan jadwal, serta koneksi ke internet.
Kata Kunci: Portal EdukasiNet, Bahan Belajar, materi pokok, modul online, uji kompetensi, pengetahuan populer, interaksi komunitas, forum, chatting, milis, info, berita, artikel, event, web sekolah.

Tidak ada komentar: